Please enable JS

sejarah sekolah

Sejarah Sekolah

SMK MUHAMMADIYAH BLIGO KABUPATEN PEKALONGAN

 

Kompetensi Keahlian

Teknik Kendaraan Ringan Otomotif – Teknik dan Bisnis Sepeda Motor –

Teknik Komputer dan Jaringan – Farmasi Klinis dan Komunitas –

Akuntansi dan Keuangan Lembaga

 

Alamat

Sapugarut Gang 7 Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah 51171

Email : smkmuhbligo2003@gmail.com

Telp : (0285) 4415132

 

Data Sekolah

SMK Muhammadiyah Bligo didirikan oleh Yayasan Majelis Dikdasmen Pimpinan Cabang Muhammadiyah Bligo pada tanggal 20 Juni 2003. Pada awal berdiri SMK Muhammadiyah Bligo dikenal SMEA yang mengelola 2 kompetensi keahlian yaitu Akuntansi dan Pemasaran. Beberapa tahun kemudian menambah kompetensi baru yaitu Teknik Komputer dan Jaringan (2005), Teknik Sepeda Motor dan Farmasi (2012) serta Teknik Kendaraan Ringan (2015). Saat ini status akreditasi SMK Muhammadiyah Bligo kategori baik (B) dengan nilai 87 dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah /Madrasah (BAN-S/M)

Saat ini SMK Muhammadiyah Bligo menempati luas tanah 11.680 m2, yang diatasnya telah berdiri beberapa bangunan yang kokoh antara lain untuk ruang kelas, masjid, lapangan basket, lapangan voli, lapangan futsal dan beberapa ruang praktik siswa (RPS) di setiap jurusan seperti 4 laboratorium komputer Teknik Komputer dan Jaringan, 1 bengkel Teknik dan Bisnis Sepeda Motor yang sesuai standar bengkel Astra Honda Motor, 1 laboratorium Farmasi dan Apotek Simulasi, 1 bengkel Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, 2 laboratorium Akuntansi dan Smart Bank. Selain itu, guna mendukung keamanan dan memantau seluruh ruangan telah terpasang 100 titik CCTV.

SMK Muhammadiyah Bligo dari waktu ke waktu mengalami perkembangan yang cukup pesat, dari mulai berdiri (2003) memiliki 63 siswa dengan 2 rombongan belajar, tiga tahun berikutnya (2006) memiliki 186 siswa dengan 6 rombongan belajar. Pada tahun 2019, SMK Muhammadiyah Bligo mendidik lebih dari 1200 siswa dengan 40 rombongan belajar.

SMK Muhammadiyah Bligo telah mendapat kepercayaan dan diakui keberadaannya sebagai institusi yang mampu menghasilkan tenaga kerja yang dapat diandalkan di berbagai perusahaan/industri, dan berikut ini beberapa perusahaan sudah bekerja sama dan menerima alumni dari sekolah antara lain Astra Honda Motor (AHM), Astra Daihatsu Motor ( ADM), Epson, PT. Telkom Indonesia, PT.Semarang Autocomp Manufacturing (SAMI), PT. Honda Prospect Motor (HPM), PT. Aisin Indonesia Automotive, PT. GS Battery,  Alfamart, Carrefour, Salemba, PT. SONY Malaysia, koperasi dan perbankan, perusahaan komputer, farmasi dan otomotif baik nasional dan internasional. Mempersiapkan tenaga terampil dan profesional tingkat menengah, adalah salah satu misi kami.

PROGRAM UNGGULAN SEKOLAH

  • BKK Majukarya, merupakan wadah untuk penyaluran peserta didik maupun alumni kepada beberapa perusahaan baik lokal maupun nasional. Puluhan perusahaan di dalam negeri sudah menjadi mitra BKK Maju Karya untuk penyaluran tenaga kerja, dan juga penyaluran tenaga kerja sudah sampai ke luar negeri antara lain Program Magang Im Japan yaitu Magang/Bekerja di Jepang dan PT. Sukses Mandiri Utama (SMU) bekerja di Industri Malaysia. Selain itu BKK Majukarya juga sudah dipercaya sebagai tempat pelaksana rekruitmen tenaga kerja PT. Martha Tilaar.
  • Kelas Telkom Fiber Optic, merupakan kelas industri jurusan Teknik Komputer dan Jaringan yang disiapkan untuk mencetak tenaga terampil berbasis IT, dimana pembelajaran, sarana prasana dan kurikulum sudah sinkronisasi dengan kebutuhan industri.
  • “Smart Bank” SMK Muhammadiyah Bligo, merupakan sarana latihan untuk peserta didik dalam mengelola keuangan dan manajemen keuangan mikro dalam sebuah sekolah. Smartbank mempunyai progaram diantaranya tabungan siswa, tabungan idul fitri, dan tabungan guru serta melayani untuk umum.
  • Lembaga Sertifikasi Profesi P1, merupakan lembaga independen yang dibawah pemantauan sekolah secara langsung, yang bertujuan untuk menyiapkan lulusan siap jual, memiliki daya saing yang tinggi, karena melalui LSP P1 ini diharapkan lulusannya memiliki sertifikat kompetensi sebagai legalitas yang diakui negara.
  • Teaching Factory Go! Motor, merupakan salah satu fasilitas untuk peserta didik jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor belajar secara langsung tentang pengelolaan usaha bengkel sepeda motor yang melayani service, pengadaan spare part dan cuci motor, teaching factory ini dibuka untuk melayani masyarakat secara umum. Letak teaching factory ini sangat strategis, yaitu di depan pasar Bligo (ngebrak).
  • Unit Produksi Go! Far, merupakan wadah untuk meningkatkan peserta didik di bidang kewirausahaan program keahlian Farmasi Klinis dan Komunitas. Produk yang dihasilkan berupa minuman kesehatan yang fresh and healthy. Pemasaran produk Go! Far tidak hanya di lingkup sekolah saja, namun sudah mulai masuk ke beberapa apotek yang berada di sekitar sekolah.
  • Kegiatan Jumat Ceria, bentuk kegiatan ini berupa latihan Hizbul Wathan (HW) untuk semua kelas X, latihan fisik untuk persiapan menghadapi tes kerja untuk kelas XII, jalan sehat, senam pagi, sepeda sehat, Jum’at Bermunajat yang berupa pemberian motivasi, dan praktik keagamaan setelah dhuha bersama, hingga bazar sebagai wujud implementasi mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK).
  • Gerakan Literasi Sekolah (GLS), Kegiatan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) diadakan setiap Selasa sampai hari Kamis sebelum masuk. Kegiatan ini diikuti oleh kelas X dan XI semua kompetensi keahlian yang terjadwal secara bergilir. Tim dari GLS SMK Muhammadiyah Bligo juga berhasil meraih prestasi masuk 10 besar tingkat nasional kategori “Vokasi Moda Literasi Bergerak” pada Desember 2019. Selain membaca, kegiatan literasi juga diisi nonton film, motivasi dan bahkan yel-yel literasi serta mendatangkan komunitas Great Indonesian sebagai narasumber dari berbagai negara, antara lain Jerman, Malaysia, Singapore, dan Thailand.
  • Command Center dan Sekolahan.id, SMK Muhammadiyah Bligo Pekalongan menyambut baik wacana revolusi industri 4.0 yang belakangan menjadi salah satu perbicangan nasional bahkan internasional. Inovasi-inovasi yang berhubungan dengan pemanfaatan teknologi dilakukan demi efektifitas dan terciptanya proses pembelajaran yang lancar. Di SMK Bligo, wujud nyata dari program ini berupa pembuatan Command Center (CC). Ruangan CC ini ruangan khusus untuk memantau aktivitas siswa di sekolah dengan memanfaatkan teknologi informasi. Pertama, memantau aktifitas siswa dan pembelajaran mengunakan CCTV yang dipasang di berbagai titik. Kedua, di ruang Command Center ada aplikasi yang terhubung dengan website sekolahan.id dimana aplikasi tersebut berfungsi, diantaranya, bisa kehadiran siswa, laporan guru yang bisa dilakukan secara langsung. Ketiga, ruang Command Center juga berisi mesin digital informasi. Mesin ini akan digunakan untuk laporan-laporan yang bisa diketahui oleh berbagai pihak di sekolah.