Please enable JS

Produk



Kegiatan dan Pelaksanaan MPLS 2019

 

Pelaksanaan MPLS SMK Muhammadiyah Bligo telah mencapai puncaknya. Rabu, 17 Juli 2019 menjadi hari terakhir sekaligus penutupan MPLS tahun ajaran 2019/2020 oleh wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, M. Fata Arifian, S.Pd.I. Rangkaian kegiatan pada hari pertama MPLS diisi dengan berbagai acara, antara lain pembukaan MPLS oleh kepala SMK Muhammadiyah Bligo Luqman Hakim, S.Pd. yang ditandai dengan pelepasan balon dan penyematan tanda peserta MPLS secara simbolik dan diikuti oleh semua peserta didik baru kelas X, kegiatan  pengenalan jurusan, kurikulum, dan tata tertib sekolah, serta sholat Dzuhur berjamaah dan ditutup dengan apel siang.

Hari kedua Pelaksanan MPLS diisi dengan kegiatan gebyar ekstrakurikuler, safety riding, dan Ketarunaan. Total ada 11 ekstrakurikuler yang bisa diikuti oleh peserta didik SMK Muhammadiyah Bligo untuk mengembangkan minat dan bakatnya, diantaranya gerakan kepanduan Hizbul Wathan (HW), tapak suci, seni musik (band) seni tari baik tradisional maupun modern, Palang Merah Remaja (PMR), panahan, voli, basket, futsal, safety riding, dan jurnalistik. Di hari yang sama, kegiatan safety riding diisi langsung dari unit dikyasa Polres Pekalongan Kota dan dipimpin oleh Kanit Dikyasa Ipda Budi Winarso, SH. Kegiatan tersebut memberikan edukasi tentang tata tertib berkendara dan keselamatan berlalu lintas. Ada yang berbeda pada pelaksanaan MPLS tahun ini. Materi ketarunaan disisipkan sesuai dengan arahan Direktorat Pembina SMK agar peserta didik mempunyai gambaran dan siap menghadapi dunia kerja. Kegiatan ketarunaan diisi oleh Danramil Buaran Kapten Infantri Safari Dairiyanto, didampingi Sertu Sumarno. Adapun materi ketarunaan berisi unsur-unsur kebangsaan antara lain rasa kebangsaan, paham kebangsaan, dan semangat kebangsaan. Materi yang lain yaitu rasa kesetiakawanan sosial, semangat rela berkorban, dan jiwa patriotik. Materi tambahan yaitu tentang pencerminan sikap kesabaran berbangsa, bernegara, dan etensi.

Memasuki hari terakhir, peserta MPLS mendapat materi dari IPM Jawa Tengah dan daerah kabupaten Pekalongan. Hadir pada acara tersebut Yuli Prabowo (Ketua Umum Pimpinan Daerah IPM Kab. Pekalongan), Tri Bagus (Bendahara pimpinan IPM wilayah Jawa Tengah), Arum Kusumaningsih (Forum Komunikasi Ikatan Alumni Muhammadiyah 2017), dan Bangkit Nurulloh (Ketua bidang Pengkajian Ilmu Pengetahuan dan anggota IPM wilayah Jawa Tengah). Materi yang disampaikan antara lain latar belakang, struktur pimpinan IPM dari mulai pusat hingga ranting, bidang-bidang IPM yang meliputi bidang organisasi, bidang perkaderan, bidang Kajian Dakwah Islam (KDI), bidang Pengkajian Ilmu Pengetahuan (PIP), bidang Apresisasi Seni Budaya dan Olah raga, dan bidang Kewirausahaan (KWU).

Seusai sholat Dzuhur berjamaah, kegiatan selanjutnya adalah bakti sosial membersihkan lingkungan sekolah dan sekitarnya, dan diakhiri dengan upacara penutupan. Kegiatan MPLS ditutup secara resmi oleh wakil kepala sekolah bidang kesiswaan M Fata Arifian, S.Pd.I. Dalam sambutannya beliau menyampaikan 3 pesan yaitu menjadi luar biasa di jurusan masing-masing, berprestasi di SMK Muhammadiyah Bligo, dan mengerti tentang lingkungan sekolah. Semoga dengan kegiatan MPLS ini, peserta didik baru bisa segera beradaptasi dengan lingkungan sekolah, mematuhi tata tertib sekolah dan memberikan kontribusi yang baik untuk sekolah.

Bagikan


cari



artikel terbaru

berita terbaru