Please enable JS

Berita



Tim Akuntansi Keuangan dan Lembaga SMK Muhammadiyah Bligo Bersinar di Accounting League Unikal 2019

       SMK Muhammadiyah Bligo kembali menorehkan prestasi di ajang “Accounting League 2019” dengan tema menjadi generasi akuntan yang profesional, berkompeten, dan kritis dalam menghadapi era digital yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Pekalongan, Rabu (7/8). Adalah Fina Oktaviani (XII AKL 4) dan Rafiqoh Zahro (XI AKL 2) perwakilan dari SMK Muhammadiyah Bligo yang berhasil menyabet gelar juara 2 dan mendapatkan trofi, sertifikat, serta uang pembinaan.

Di bawah bimbingan Bu Dewi Anggaraini, S.Pd., Fina dan Rafiqoh berhasil mengumpulkan poin 426, mengungguli lawannya dari SMK N 1 Petarukan dengan perolehan poin 317. Adapun yang keluar sebagai juara pertama dari SMK N 2 Pekalongan dengan 428,5 poin. Artinya tim dari SMK Muhammadiyah Bligo hanya selisih 2,5 poin dengan juara pertama. Hal ini tentu sangat membanggakan mengingat latihan persiapan lomba hanya 10 hari saja. “Alhamdulillah kita juara 2, ini sangat membanggakan karena selain persiapan yang mepet juga karena sekolah kita merupakan sekolah swasta yang konsisten bersaing dan rata-rata pesertanya dari sekolah negeri”, ungkap Dewi.

Ada beberapa tahapan lomba yang dilakukan. Tahapan pertama ada babak penyisihan I (Menyelesaikan 40 soal pilihan ganda dengan materi akuntansi dari kelas X sampai materi kelas XII ) kemudian dipilih 60% peserta dengan nilai terbaik. Di tahap ini, SMK Muhammadiyah Bligo berada di peringkat ke-4.

Babak Penyisihan II (Menyelesaikan siklus akuntansi perusahaan dagang mulai dari membuat jurnal atas transaksi hingga tersusunnya laporan keuangan) kemudian dipilih 5 tim terbaik. SMK Muhammadiyah Bligo berada di posisi 4.

Babak penyisihan III (Lomba Cerdas Cermat) peserta disuguhkan 10 soal rebutan dimana setiap soalnya memiliki bobot nilai sendiri sendiri. Dimulai dari soal pertama dengan bobot 10 poin bertingkat menuju soal kedua dengan bobot 20 poin hingga soal terakhir dengan bobot 100 poin. Pada tahap ini, SMK Muhammadiyah Bligo merangkak naik dengan point tertinggi yakni 170 pada posisi I.

Tahap terakhir adalah presentasi dan tanya jawab dimana materi yang dipresentasikan dipilih secara acak melalui undian lalu setiap tim diminta secara langsung mempresentasikan materi tersebut dalam waktu 5 menit dilanjut dengan tanya jawab kepada 3 juri yang pada saat itu adalah dosen Akuntansi Unikal. Pada babak final nilai di akumulasi dari semua babak yang sudah terlewati dan SMK Muhammadiyah Bligo memperoleh total poin 426.

Selamat untuk Fina dan Rafiqoh, tingkatkan terus prestasimu.

Bagikan


cari



artikel terbaru

berita terbaru