Please enable JS

Berita



Kompetensi Keahlian Farmasi Klinis dan Komunitas SMK Muhammadiyah Bligo Melancong ke Jawa Timur

       Rombongan peserta didik program keahlian Farmasi Klinis dan Komunitas (FKK) SMK Muhammadiyah Bligo bertolak ke Jawa Timur pada Selasa 6 Agustus 2019 dalam rangka kunjungan industry. Rombongan yang berjumlah 106 orang tersebut terdiri atas wakil kepala sekolah bidang humas, kepala kompetensi keahlian FKK, Wali kelas XI dan XII FKK, bagian jurnalistik, dan seluruh peserta didik program keahlian FKK kelas XI dan XII berangkat sekitar pukul 16.30 WIB. Ada beberapa tempat yang dituju, mulai dari tempat industri hingga tempat wisata. Tiba di tempat pertama RM Bromo Asri pada Rabu 7/8 sekitar pukul 02.30 WIB, rombongan dijemput oleh elf menuju ke gunung bromo untuk menikmati sunrise. Puas menimati sunrise, rombongan dijemput jeep untuk berkeliling ke Sakapuro, Laut pasir, savana, bukit teletubis dan pasir berbisik hingga pukul 10.00 WIB. Selanjutnya rombongan kembali ke RM Bromo asri untuk menikmati makan siang dan ibadah shalat dzuhur. Sekitar pukul 12.30 rombongan melanjutkan perjalanan ke PT. Amerta Indah Otsuka (pabrik Pocari Sweat dan Soyjoy) di daerah Pasuruan. Menempuh sekitar 1 jam perjalanan, rombongan tiba di Otsuka untuk melihat proses pembuatan Pocari sweat & Soyjoy. Rombongan menyaksikan pembuatan produk yang sebagian besar dilakukan oleh mesin, tenaga manusia hanya digunakan sebagai pengontrol saja. Tak lupa pihak industri menyediakan spot untuk berswafoto sebagai kenang-kenangan. Sebelum meninggalkan lokasi, rombongan mendapat gift dari PT. Otsuka. Selesai pada kunjungan pertama, rombongan menuju ke hotel Grand Batu Inn, sekitar pukul 18.30 seluruh rombongan check in di hotel tersebut dan beristirahat.

Hari kedua pelaksanaan kunjungan industri, rombongan menuju ke PT. Materia Medika Batu (MMB) yang merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) dari Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Timur. Balai Materia Medika menangani penyuluhan dan pengelolaan tanaman obat mulai dari pembibitan hingga proses produksi obat/jamu herbal. Pada kesempatan itu, beberapa peserta didik juga ikut mencoba membuat instan temulawak di bawah bimbingan petugas. Selain sebagai tempat pembuatan jamu herbal, PT Materia Medika juga menerima peserta didik untuk Praktik Kerja Lapangan (PKL). Tercatat beberapa peserta didik dari berbagai sekolah sedang melaksanaan PKL. Dalam kunjungan di PT. Materia Medika rombongan dibagi menjadi 3 kelompok dan diajak berkeliling,mulai dari melihat tanaman herbal hingga proses pembuatan jamu. Selesai kunjungan di PT. Materia Medika, sekitar pukul 11.30 WIB rombongan menuju Rumah makan Deduwa. Selesai menikmati santap siang dan ibadah sholat dzuhur, rombongan bertolak ke Museum Angkut. Tiba di museum angkut, rombongan menikmati berbagai moda tarnsportasi dari masa ke masa dan dari berbagai belahan dunia. Tidak sedikit yang mengabadikan momen tersebut untuk berswafoto. Puas dengan swafoto, pada sore hari rombongan juga menyaksikan pertunjukan gangster bertema Amerika, lengkap dengan panggung dan alunan musik khas negeri Paman Sam itu.

Puas menikmati hiburan di Museum Angkut, rombongan menuju ke RM Deduwa untuk makan malam dan ibadah shalat Isya’. Sekitar pukul 20.30 WIB rombongan kembali menuju Pekalongan, dan tepat pukul 04.00 WIB rombongan sudah tiba di SMK Muhammadiyah Bligo. Semoga dengan adanya Kunjungan Industri ini, bisa menambah wawasan akademik dan nonakademik untuk peserta didik, dan untuk guru serta karyawan untuk menambah relasi juga bisa dijadikan literasi dalam pembelajaran khususnya mata pelajaran yang berhubungan dengan farmasi klinis dan kesehatan.

Bagikan


cari



artikel terbaru

berita terbaru