SMK Muhammadiyah Bligo

Sapugarut Gg.7 Buaran, Pekalongan
Telp: 0285 - 4415132

Berita » Berita » Kegiatan Prastudi siswa baru SMK Muhammadiyah Bligo : “SAATNYA WUJUDKAN MIMPI, Go For It !”

Kegiatan Prastudi siswa baru SMK Muhammadiyah Bligo : “SAATNYA WUJUDKAN MIMPI, Go For It !”

Diposting pada: Jumat, 27 Agustus 2017, Oleh : Admin SMK Muh Bligo, Kategori: Berita , Dilihat : 55 kali, Komentar : 0

BLIGO - Beberapa waktu yang lalu SMK Muhammadiyah Bligo menyelenggarakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan sekolah (MPLS) dan Kemah Penerimaan Tamu Penghela (KPTP), tepatnya pada hari Senin sampai dengan Sabtu (17 sd 21 Juli 2017). Kegiatan ini merupakan aktivitas awal bagi siswa baru kelas X sekaligus menjadi pertanda dimulainya tahun ajaran baru 2017/2018.

Acara tahunan yang diadakan SMK Muhammadiyah Bligo ini berbeda dengan tahun - tahun sebelumnya, hal ini dikarenakan jumlah peserta yang mengikuti kegiatan tersebut adalah yang terbesar dari periode sebelumnya, yaitu 491 siswa dan semua rangkaian acaranya dilaksanakan di dalam komplek SMK Muhammadiyah Bligo dengan memanfaatkan semua potensi yang tersedia.

MPLS

 

Kegiatan pertama dibuka Kepala sekolah pada tanggal 17 Juli 2017 dengan disaksikan oleh seluruh bagian civitas akademika SMK Muhammadiyah Bligo, mulai dari siswa kelas X, XI dan XII hingga Bapak / ibu guru beserta karyawan. Pembukaan ditandai dengan penyematan secara simbolis tanda pengenal kepada perwakilan peserta dan diikuti serentak oleh semua peserta yang lain serta dilanjutkan dengan pelepasan sepasang burung merpati. Adapun tema yang diambil adalah “Dengan kegiatan MPLS Peserta Didik Baru Kita Tingkatkan Kemandirian, persaudaraan dan Kekompakan untuk mewujudkan mimpimu. Go For It !”.

Ada beberapa materi yang disampaikan dalam kegiatan MPLS ini, diantaranya sosialisasi tentang tata tertib, nilai - nilai sosial dan pengenalan lingkungan SMK. Disamping itu siswa baru juga diberi pemahaman tentang kurikulum SMK, jurusan, keorganisasian serta dikenalkan dengan kegiatan ekstra kulikuler yang ada, diantaranya Futsal, seni tari, seni musik, jurnalistik, robotik, bola basket, bola voli, sepak bola, dan lain – lain. Selain diajarkan tentang kegiatan yang bersifat duniawi melalui MPLS siswa baru juga diberikan materi yang berkaitan dengan kegiatan rohani, yaitu siswa baru sudah mulai dibiasakan untuk melaksanakan shalat berjama’ah, shalat Dhuha dan shalat sunnah yang lain di masjid SMK. Melalui kegiatan tersebut diharapkan siswa baru nantinya akan lebih terbiasa dengan lingkungan SMK Muhammadiyah Bligo sehingga bisa mengeluarkan potensi yang ada dalam diri mereka secara maksimal dan karakter dari masing – masing siswa bisa berkembang kearah yang positif.

“Melalui acara ini kami berusaha tetap berpedoman pada peraturan penyelenggaraan pengenalan lingkungan sekolah yang tertuang pada Permendikbud nomor 18 tahun 2016, dan yang kami utamakan dalam kegiatan ini adalah untuk memberi rasa kenyamanan pada siswa baru, sehingga nantinya ketika proses penyampaian informasi bisa berjalan dengan baik” ucap Bp. Luqman Hakim S. Pd selaku kepala sekolah.

KPTP

KPTP atau Kemah penerimaan tamu penghela merupakan kegiatan yang dilakukan sebagai sarana untuk melakukan penempaan mental, moral dan pembentukan karakter siswa baru, kegiatan yang terangkai bersama MPLS ini menjadi ciri khas bagi peserta didik baru untuk bisa masuk menjadi warga SMK Muhammadiyah Bligo.

Adapun tata tertib dalam kegiatan ini telah disampaikan pada saat pembekalan kepada peserta, diantaranya mengenai barang bawaan, atribut dan kerapian dari peserta itu sendiri. Dan terbukti dalam pelaksanaannya kegiatan ini berlangsung dengan khidmat, lancar serta meriah, karena memang peserta sudah terkondisikan sejak kegiatan MPLS beberapa hari yang lalu.

Dalam kegiatan KPTP ini, ada beberapa materi yang narasumbernya berasal dari pihak luar sekolah, diantaranya  materi tentang kepanduan yang disampaikan oleh Kwarda kabupaten Pekalongan dan penyuluhan narkoba oleh masyarakat peduli narkoba. Adapun materi kepemimpinan dibawakan oleh bapak dan ibu guru yang memang sudah berpengalaman pada bidang ini.

“Materi yang diberikan kepada peserta pada kegiatan ini memiliki maksud sebagai pembekalan bagi mereka ketika masuk menjadi warga SMK Muhammadiyah Bligo, disamping itu kita perlu pula berpikiran luas bahwa tantangan bagi generasi masa sekarang bukanlah main – main terutama masalah narkoba, serta kurangnya pendidikan karakter, maka dari itu harapan kami bagi para peserta akan tumbuh karakter yang kuat agar selalu bertindak positif”. Ungkap Bp. Khaeron M, Pd selaku ketua panitia.

Kegiatan KPTP mencapai puncaknya pada saat malam inagurasi berlangsung, disinilah perwakilan peserta menampilkan bakat dan kemampuan yang dimiliki untuk menghibur peserta yang lain beserta panitia, setelah itu dilanjutkan dengan prosesi pelantikan bagi tamu penghela sebagai tanda resmi bahwa siswa - siswi baru telah masuk menjadi bagian warga dari SMK Muhammadiyah Bligo.

“Semua adalah proses untuk menuju pada kebaikan, dan bagi peserta didik baru kegiatan ini adalah sarana untuk menjadi lebih baik, maka dari itu mulailah dari awal dan jangan takut untuk bermimpi, majulah bersama kami untuk mewujudkan mimpi – mimpi itu. Seperti slogan dari SMK Muhammadiyah Bligo, Wujudkan mimpimu, Go For It !” ucap Bp. Luqman Hakim dalam penutupan kegiatan KPTP.

Semoga melalui kegiatan ini bisa memberikan pengaruh yang positif bagi siswa – siswi yang baru masuk khususnya, dan bagi warga SMK Muhammadiyah Bligo pada umumnya. Sehingga bisa terus menjadi yang terbaik serta mampu memberikan pelayanan yang baik bula kepada masyarakat sekitar.

Print BeritaPrint

Berita lain :




Tinggalkan Komentar



 *tidak akan di tampilkan
 *masukan url anda

security image