SMK Muhammadiyah Bligo

Sapugarut Gg.7 Buaran, Pekalongan
Telp: 0285 - 4415132

Berita » Berita » IN HOUSE TRAINING PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU

IN HOUSE TRAINING PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU

Diposting pada: Sabtu, 27 Agustus 2017, Oleh : Admin SMK Muh Bligo, Kategori: Berita , Dilihat : 155 kali, Komentar : 0

SMK Muhammadiyah Bligo mengadakan kegiatan In House Training dalam rangka meningkatkan kualitas dan profesionalisme guru untuk implementasi kurikulum 2013, Kegiatan yang diikuti oleh semua guru dan karyawan ini di laksanakan selama dua hari, yaitu Jumat dan sabtu (14 – 15 Juli 2017).

Kegiatan yang dilaksanakan di bengkel TSM dan laboratorium Komputer Akuntansi ini memiliki beberapa latar belakang, diantaranya untuk mengetahui cara membaca dan memahami karakter peserta didik, meningkatkan kualitas pembelajaran guru dengan motode yang menarik, memahami implementasi kurikulum 2013 serta upaya memberikan pelayanan terbaik bagi peserta didik di SMK Muhammadiyah Bligo.

KGB Pekalongan

Pada hari pertama peserta In house training memperoleh ilmu dari Komunitas Guru Belajar Pekalongan dan para mentor banyak memberi penjelasan tentang bagaimana cara memahami karakter siswa sekaligus cara penerapan metode dalam kegiatan belajar mengajar secara  dan serta menyenangkan sehingga proses penyerapan materi oleh peserta didik diharapkan nantinya bisa efektif.

Dalam pelaksanaan sesi ini peserta pelatihan dibagi menjadi beberapa kelompok, dan tiap kelompoknya diberi materi metode pembelajaran atraktif yang berbeda dengan kelompok lain oleh mentor. Disamping itu peserta dipandu untuk mempraktikan metode tersebut, dan kegiatan diakhiri dengan memberikan refleksi setelah melakukan kegiatan tersebut.

“Pembelajaran dengan menggunakan model Pokemon Go seperti yang tadi dilakukan sangatlah menarik, serta mengeluarkan anak dari kebosanan selama di kelas. Selain itu juga menambah semangat serta rasa penasaran siswa terhadap materi pelajaran” ungkap Bp. M. Fata Arifian setelah mempraktikan model pembelajaran pokemon bar code.

Kurikulum 2013

Untuk sesi kedua kegiatan in house training dilanjutkan dengan materi berkaitan dengan kurikulum 2013 yang disampaikan oleh Bp. Muzaki, M.M selaku pengawas SMK dari Provinsi jawa Tengah. Dalam sambutan awalnya beliau menungkapkan bahwa ada beberapa hal yang akan dicapai melalui kurikulum 2013, yaitu karakter, literasi dan kompetensi, maka dari itu kita perlu memahami masing - masing konsep tersebut.

“Dari ketiga konsep tersebut, seandainya dipadukan akan terbentuk sebuah persamaan bahwa pengetahuan tanpa literasi  adalah nol, dan ketrampilan tanpa literasi adalah nol” tambah beliau. Selain itu dijelaskan juga tentang materi analisis kompetensi, pengembangan Indikator pencapaian Kompetensi, langkah penyusunan RPP hingga proses penilaian.

Penerapan Kurikulum 2013

Hari kedua sesi pertama pelatihan IHT dilanjutkan dengan penjelasan materi implementasi kurikulum 2013 oleh ibu Dewi Hasanah, M. Pd. Pada materi kali ini dijelaskan mulai dari pemahaman dalam pembuatan silabus, analisis KI-KD, analisis model pembelajaran, komposisi Taksonomi bloom, penyusunan perangkat pembelajaran hingga analisis penilaian. Dan semua itu pada dasarnya merupakan rangkuman dari beberapa tahap yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan.

“Setiap guru memiliki cara yang berbeda dalam mengajar, jadi seandainya ada seorang guru copy paste sebuah perangkat dari guru yang lain maka tidak akan memberikan cara pengajaran yang lebih baik. Dan pada intinya semua guru harus terus belajar dan siap menyesuaikan diri dengan perubahan” ucap beliau diakhir materi.

Tindak lanjut dari kegiatan In house training ini diharapkan nantinya akan memberikan pengaruh positif bagi guru, sehingga bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada peserta didik dan mampu menyampaikan ilmu sesuai tujuan yang hendak dicapai. Untuk periode berikutnya akan terus diadakan pelatihan (in house training) bagi guru dan karyawan, dengan maksud agar kualitas pengajaran dan pendidikan di SMK Muhammadiyah Bligo pada khususnya akan semakin meningkat.

 

Print BeritaPrint

Berita lain :




Tinggalkan Komentar



 *tidak akan di tampilkan
 *masukan url anda

security image